Kenapa kita selalu jatuh cinta kepada orang yang salah? Ini kata psikolog

by
kenapa-kita-selalu-jatuh-cinta-kepada-orang-yang-salah-ini-kata-psikolog

Bahkan ketika perilaku atau kepribadian merupakan sumber trauma dan kesedihan, sedikit banyak alam bawah sadar kita akan merasakan ‘kenyamanan semu’ ats perilaku tersebut. Pasalnya, lingkungan tempat kita dibesarkan adalah satu-satunya rumah yang pernah kita kenal.

Menurut Mark Banschick M.D., psikolog dan perintis The Intelligent Divorce Course, hal ini juga yang menjadi penyebab banyak orang kesulitan untuk keluar dari rumah tangga yang penuh konflik.

Freud menyebut hal ini sebagai repetition compulsion. Kebanyakan orang yang menjalani hubungan destruktif pernah memiliki hubungan yang kurang memuaskan dengan orangtua di masa kecil. Setelah dewasa, tanpa sadar mereka mencoba membangkitkan kembali situasi menyakitkan yang mereka rasakan di masa kecil. Tak hanya karena adanya unsur familiar di dalam diri pria atau wanita ‘salah’ yang mereka cintai. Tanpa disadari, orang-orang seperti ini juga menyimpan harapan bahwa kali ini segalanya akan berlangsung lebih baik.

Ada ketidakpuasan di masa kecil yang mereka ciptakan kembali untuk diselesaikan. Bisa jadi alasan seperti inilah yang membuat seseorang selalu jatuh cinta kepada para pria atau wanita yang hobi berselingkuh, kasar, atau bahkan sudah menjadi milik orang lain.

loading...