5 Tips Travelling Aman

by

Banyak cara untuk menikmati keindahan pesona alam ini, seperti melakukan perjalanan traveling bersama keluarga, teman ataupun seorang diri. Merasakan perjalanan seorang diri mungkin dirasa sedikit menakutkan. Karena kita hanya dapat mengandalkan diri sendiri ketika kita memulai perjalanan.

Kebanyakan orang memang sering melakukan traveling secara kelompok dikarenakan alasan tersebut. Namun tahukah kamu jika traveling seorang diri juga tidak kalah serunya dengan berkelompok.

Nah, jika kamu ingin sesekali mencoba ngebolang sendirian tanpa teman, kamu harus tahu tips traveling aman buat perjalanan kamu nanti.

Rencanakan Perjalanan Dengan Matang

Tips traveling aman yang harus kamu ikuti adalah membuat rencana yang matang. Tentunya kamu tidak mau terlantar didaerah yang hampir tidak kamu kenal kecuali lewat Google bukan!

Merencanakan perjalanan dimulai dengan melakukan riset tentang daerah yang akan kamu kunjungi. Misalnya kamu akan melakukan perjalanan ke Bandung yang merupakan kota besar di Indonesia.

Hal yang pertama yang perlu kamu rencanakan adalah objek wisata mana yang akan kamu datangi.

Setelah kamu sudah mendapatkan data tujuan kepergian kamu, saatnya menentukan lama hari yang akan kamu habiskan disana. Lama waktu dan banyaknya tujuan perjalanan pastinya akan berdampak pada anggaran yang akan digunakan.

Setelah kamu sudah mendapatkan data tujuan kepergian kamu, saatnya menentukan lama hari yang akan kamu habiskan disana. Lama waktu dan banyaknya tujuan perjalanan pastinya akan berdampak pada anggaran yang akan digunakan.

Perhitungkan sebaik mungkin, karena kamu harus tetap mengkalkulasikan biaya penginapan, makanan, dan biaya akomadasi lainnya.

Selain mencari tahu tentang target tujuan dan biaya, kamu juga harus mencari tahu lokasi yang sering dianggap rawan. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian yang tidak kamu inginkan. Jangan tergesa-gesa untuk membuat perencanaan yah.

Membuat Peta Perjalanan Yang Saling Terkait

Tentunya dalam melakukan perjalanan kesebuah daerah yang tidak terlalu kamu kenal akan membuat kamu kebingungan. Oleh karena itu kamu harus memiliki peta perjalanan kamu disana.

Membuat peta perjalanan bukan berarti menggambar sebuah peta layaknya buku Atlas. Kamu cukup menuliskan nama jalan daerah yang akan kamu kunjungi beserta rute yang akan kamu lewati.

Buatlah rute perjalanan yang efektif seperti  mengaitkan satu objek wisata dengan objek wisata lainnya. Misalnya kamu akan mengunjungi daerah ‘A’, ‘B’, ‘C’, dan ‘D’ dengan mengendarai angkutan umum.

Buatlah rute perjalanan yang efektif dan efisien dengan mencari tahu jarak terdekat masing-masing daerah. Jika daerah ‘A’ berdekatan dengan daerah ‘D’, maka kamu jangan melakukan perjalanan kedaerah lainnya agar kamu dapat menghemat biaya perjalanan.

Biasakan Belajar Berkemas Dengan Cepat dan Rapi

Bepergian sendirian sudah pasti menuntut kamu untuk dapat belajar mandiri. Semua barang yang akan kamu bawa sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab kamu sendiri.

Untuk itu biasakanlah belajar berkemas dengan cepat dan rapi. Hal ini akan membantu kamu untuk melakukan perjalanan dengan lebih efektif karena waktu yang akan kamu gunakan untuk berwisata akan lebih banyak.

Belajar berkemas akan membuat kamu mengetahui barang-barang apa saja yang memang diperlukan. Terkadang pengalaman berkemas yang minim akan menyebabkan kita membawa barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Jangan Terlihat Kebingungan Saat Tiba di Tujuan

Setibanya kamu ditujuan bersikaplah seolah-olah kamu penduduk setempat agar tidak mengundang orang iseng. Jangan bertingkah seperti orang kebingungan walaupun kamu dalam posisi kesasar. Gunakan peta kecil ataupun Maps pada smartphone kamu.

Unggah Foto Setiap Perjalanan Kamu

Menggunggah foto disetiap perjalanan di sosial media bukan berarti kamu menyombongkan diri atau menjadi “hantu” selfie. Hal ini akan membantu keluarga dan teman kamu mengetahui lokasi kamu setiap waktunya.

Bahkan dengan mengunggah foto di Sosmed, bisa saja teman kamu yang sedang dilokasi yang sama melihat dan mengajak kamu bertemu.

loading...