Ingin Mulai Diet di Tahun Baru? Baca Dulu Saran Dokter

by
DIET

Cendika.com – Tahun baru sudah di depan mata, pastinya semua orang ingin menjadi pribadi yang lebih baik di tahun besok. Termasuk dalam hal kesehatan. Mulai dari menurunkan berat badan hingga berhenti merokok.

Sebagian besar banyak yang igin menurunkan berat badan. Seperti mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri, Raisya mengaku demikian. Gagal menurunkan berat badan di tahun ini membuatnya menjadikan hal itu sebagai resolusi sehatnya di tahun 2018.

“Sama juga mungkin pengin nurunin berat badan sama olahraga setiap hari kayak lari,” ujarnya kepada detikHealth.

Menanggapi banyaknya masyarakat yang ingin menurunkan berat badan dengan menerapkan diet, dokter spesialis penyakit dalam, dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan sangat baik bahwa masyarakat mengontrol berat badannya.

“Baik sekali untuk masyarakat melakukan resolusi sehat agar mengotrol berat badannya. Karena kita tahu bahwa kegemukan itu memiliki dampak yang tidak baik, obesitas itu adalah penyakit sekarang,” jelas dr Ari ketika ditemui di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat.

Tetapi, dr Ari menegaskan bahwa untuk menurunkan berat badan dengan menerapkan diet harus memerhatikan beberapa hal. Menurut dr Ari, diet yang baik adalah diet yang seimbang. Asupan kalori, karbohidrat dan lemak dikurangi, sementara sayur dan buah-buahan diperbanyak.

“Tinggal jumlah kalorinya saja yang dikurangi, artinya jumlah nasinya dikurangi, jumlah lemaknya dikurangi,” imbuhnya.

dr Ari pun mengatakan bahwa diet apapun tidak akan bekerja secara maksimal jika tidak diimbangi dengan olahraga. Begitu pentingnya olahraga selain untuk kebugaran tubuh tetapi juga bisa membantu meurunkan berat badan,

“Dan yang penting tetap berolahraga. Diet yang bermacam-macam harus berhati-hati. Tetaplah yang dianjurkan itu adalah diet seimbang. Dan mesti konsisten, artinya di resolusi tersebut ya tadi dia harus benar mengurangi makannya. dan yang penting meningkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan,” tutupnya.

SUMBER: DETIKHEALTH

loading...